Al-Ghuraba's Forum

(Orang-orang yang terasing.... yang terlupakan dan yang dirindukan)
 
IndeksCalendarFAQPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Keywords
Latest topics
» alghuraba forum
Sat Apr 07, 2012 6:12 pm by edisyt

» PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".
Fri Mar 09, 2012 2:55 pm by eko hadi

» Kisah Pemuda Yang Menikahi Wanita “Buta, Tuli, Bisu dan Lumpuh”
Thu Mar 08, 2012 7:54 pm by jingga

» Wanita yang Selalu Berbicara Dengan Al Qur’an
Thu Mar 08, 2012 7:30 pm by jingga

» Mengapa Manusia Suka Meramal Nasibnya ?
Thu Mar 08, 2012 10:25 am by jingga

» Penjelasan Larangan Seorang Akhwat Bepergian Sendirian
Wed Feb 22, 2012 5:20 pm by jingga

» 10 wasiat untuk wanita sholehah
Wed Feb 22, 2012 5:14 pm by jingga

» Belajar Dari Mujahiddah Jingga
Wed Feb 22, 2012 4:42 pm by jingga

» 40 hadist mendapatkan syafaat.
Wed Feb 22, 2012 4:35 pm by jingga

December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar
Top posters
jingga
 
edisyt
 
eko hadi
 
Admin
 
Most active topics
PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".
Kisah Tragis seorang ahli Ibadah yang mati Su'ul Khatimah
Kedamaian Hati Dalam Iman
40 hadist mendapatkan syafaat.
Affiliates
free forum


Share | 
 

 PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
eko hadi
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 11
Join date : 21.02.12
Lokasi : jakarta

PostSubyek: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Wed Feb 22, 2012 3:54 pm

Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:

Dari Nabi saw. beliau bersabda: Janganlah sebagian kamu menjual atas penjualan orang lain dan janganlah sebagian kamu melamar atas lamaran orang yang lain. (Shahih Muslim No.2530)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:

Bahwa Nabi saw. melarang orang kota menjual kepada orang kampung atau melarang mereka untuk saling memahalkan harga barang dengan maksud menipu atau seorang melamar atas lamaran saudaranya yang lain, atau menjual atas penjualan orang lain. Dan janganlah seorang wanita meminta perceraian wanita lain untuk menguasai sendiri nafkahnya atau untuk merusak kehidupan rumah tangganya. (Shahih Muslim No.2532)

Rasulullah SAW bersabda:

“ seorang muslim tidak boleh membeli barang yang sudah dibeli saudaranya sesame muslim, dan tidak boleh melamar wanita yang sudah dilamar oleh saudara sesame muslim”
(AL-HADITS)

“Janganlah salah seorang diantara kalian melamar wanita yang sudah dilamar saudara (sesama muslim), sehingga dia (yang melamar) menikah dengan wanita lain atau meninggalkan wanita yang sudah dilamarnya” (AL-HADITS)

Dari hadits diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa melamar wanita yang sudah dilamar oleh orang lain hukumnya haram. Hal ini karena asal maksud dari larangan dalam agama adalah perngharaman, kecuali ada dalil lain yang menunjukkan bahwa larangan tersebut tidak mempunyai maksud “hukum haram”.

So...Bro, lamarlah wanita yang lain saja, jangan rebut yang udah dilamar orang dong, kan wanita bukan hanya satu...secara populasi 1:5 (1 cowok banding 5 cewek, kalopun polygami masih lebih 1... hehehehe)

Cuma perlu dipahami dan dibedakan antara ikatan khitbah yang memang telah dianjurkan oleh syari’at sebagai proses pra nikah dengan ikatan atau hubungan yang tidak sah menurut syar’i, seperti hubungan gelap antara kedua belah pihak, atau hubungan terang.

Kadang banyak orang salah memahami dan salah kaprah, jika pacarnya dilamar orang tiba-tiba merasa bahwa hak miliknya diambil orang sehingga menimbulkan pertarungan sengit, hanya gara-gara wanita yang belum jelas posisinya dan belum jelas sebagai hak miliknya.

Sebab itu, islam menganjurkan, jika seorang laki-laki merasa cocok dengan wanita yang dilihat, cepat katakan “cinta” kepadanya dengan cara melamarnya (berjanji akan menikahinya), jangan sampai keburu dilamar orang…nyesel loh…baru tau…Apalagi diajak pacaran…Wuah ketinggalan zaman dech..tapi….Pacaran maya termasuk gak yah…he..he..he...??
Kembali Ke Atas Go down
jingga
Presiden
Presiden


Jumlah posting : 29
Join date : 12.12.11
Lokasi : Surabaya

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Wed Feb 22, 2012 4:34 pm

hm.. kalau misal seorang ikhwan melamar akhwat yang sudah punya calon untuk dilamar (belum dilamar/masih angan ) gimana??
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jinggaluvislam.co.cc
eko hadi
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 11
Join date : 21.02.12
Lokasi : jakarta

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Wed Feb 22, 2012 7:27 pm

jingga wrote:
hm.. kalau misal seorang ikhwan melamar akhwat yang sudah punya calon untuk dilamar (belum dilamar/masih angan ) gimana??

selama perempuannya belum dilamar sama calonnya, masih bisa dilamar orang lain, jadi buru2 minta dilamar nuw... Smile, untuk jelasnya hub ustad terdekat Wink
Kembali Ke Atas Go down
jingga
Presiden
Presiden


Jumlah posting : 29
Join date : 12.12.11
Lokasi : Surabaya

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Wed Feb 22, 2012 8:14 pm

eko hadi wrote:
jingga wrote:
hm.. kalau misal seorang ikhwan melamar akhwat yang sudah punya calon untuk dilamar (belum dilamar/masih angan ) gimana??

selama perempuannya belum dilamar sama calonnya, masih bisa dilamar orang lain, jadi buru2 minta dilamar nuw... Smile, untuk jelasnya hub ustad terdekat Wink

iya deh.. Embarassed
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jinggaluvislam.co.cc
edisyt
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 16
Join date : 13.12.11
Lokasi : cilegon banten

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Mon Mar 05, 2012 7:57 am

pacaran maya juga sama lah kalo ceweknya sebenranydi hati dah di rasa cocok eh ternyat keduluan di lamar ma yanglainnya jadi nyesel juga.... Smile
Kembali Ke Atas Go down
eko hadi
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 11
Join date : 21.02.12
Lokasi : jakarta

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Mon Mar 05, 2012 1:51 pm

edisyt wrote:
pacaran maya juga sama lah kalo ceweknya sebenranydi hati dah di rasa cocok eh ternyat keduluan di lamar ma yanglainnya jadi nyesel juga.... Smile

wah pengalaman pribadi yua... Laughing
Kembali Ke Atas Go down
jingga
Presiden
Presiden


Jumlah posting : 29
Join date : 12.12.11
Lokasi : Surabaya

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Tue Mar 06, 2012 4:40 pm

eko hadi wrote:
edisyt wrote:
pacaran maya juga sama lah kalo ceweknya sebenranydi hati dah di rasa cocok eh ternyat keduluan di lamar ma yanglainnya jadi nyesel juga.... Smile

wah pengalaman pribadi yua... Laughing

stttttttttt silent
Kembali Ke Atas Go down
http://www.jinggaluvislam.co.cc
edisyt
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 16
Join date : 13.12.11
Lokasi : cilegon banten

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Fri Mar 09, 2012 2:42 pm

'pernyataan eko':
 

bukannya kang hadi nich yang lebih pengalaman tentang hal ini....
Kembali Ke Atas Go down
eko hadi
Newbie
Newbie


Jumlah posting : 11
Join date : 21.02.12
Lokasi : jakarta

PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Fri Mar 09, 2012 2:55 pm

edisyt wrote:
'pernyataan eko':
 

bukannya kang hadi nich yang lebih pengalaman tentang hal ini....

Hah....!!! masa sich Shocked
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".   Today at 12:59 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
PERHATIAN : "Hukum Melamar Wanita Yang Sudah Dilamar".
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» (WTA)yang sudah cat velg warna gold
» (Ask) Adakah yang sudah pasang pass light / pass beam trigger?
» ciri2 karburator mati satu...
» Cara cabut tankpad Keiti
» WTA : cara negakkin kickstand (standar samping) yg udah agak miring

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Al-Ghuraba's Forum :: Pesantren Virtual :: Ushul Fiqh-
Navigasi: